Posted by : Rizky Maulana Thursday, May 29, 2014


A little info corner's #2 kali ini ingin membahas tentang Makanan.

Ketika kita berada di meja makan baik ketika dalam keadaan baik sarapan, makan siang maupun makan malam, mengambil makanan secukupnya agar tidak terlalu kenyang. Bahkan ada yang berkata "makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang". Ada juga yang mengatakan habiskan seluruh makanan sampai tidak bersisa, karena siapa yang tahu ada berkah yang terletak pada sisa makanan yang terakhir.

Akan tetapi disini penulis ingin menyampaikan tentang nilai-nilai dari kenapa jangan menyisakan makanan.

Jika diperhatikan secara logika, makanan yang dimakan oleh umat manusia pasti terkandung bahan-bahan yang terdiri dari makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan, biarpun akhir-akhir ini sering melihat bahwa makanan banyak yg dicampurkan dengan bahan kimia-kima dll. Akan tetapi makanan yang kita makan awalnya merupakan bentuk "fisik" kehidupan baik itu dari hewan maupun tumbuhan, mereka mengorbankan tubuh mereka untuk kehidupan kita, hewan dan tumbuhan meng-ikhlaskan nyawa mereka melayang dan membiarkan mati untuk dijadikan bahan makanan, untuk kita santap sehari-hari, jika kita sering melihat orang-orang ada juga yang mempunyai kebiasaan memberikan penghormatan, ex : "terimakasih atas malananya", hal itu merupakan rasa syukur kepada tuhan atas pemberian berkah juga sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan-pengorbanan atas tersedianya makanan. Oleh karena itu menurut penulis akan lebih baik jika benar-benar diperhatikan tanggung jawab ketika makan untuk menghabiskan makanan yang disediakan, karena jika dilihat dari pengorbanan baik hewan maupun tumbuhan yang memberikan tubuhnya untuk kita makan dibuang karena sisa dan kenyang, sungguh merupakan hal yang menyakitkan dan terasa bahwa pengorbanan yang diberikan merupakan hal yang sia-sia.
Oleh karena itu semoga kalian tidak lagi membuang atau menyisakan makanan yang diberikan, karena mempunyai nilai pengorbanan dalam menyediakan makanan itu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Total Pageviews

- Copyright © 2013 Hikaru Soraya's Tales -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -